TATIE - BEKASI DS 2 eks view 17

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , saya ingin merenovasi rumah untuk antisipasi banjir. Bagaimana cara yang hemat?

Data saya lampirkan di email. Saat ini rumah masih satu lantai. Ingin saya buat 2 lantai tapi tidak semuanya. Rencananya di lantai atas ada 1 kamar tidur , ruang cuci jemur , gudang , kamar mandi  dan balkon.

Di lantai bawah saya ingin ada 1 kamar tidur yang bersifat paviliun ( agak terpisah buat tamu ) , 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur anak. Lalu saya minta solusi untuk carport, karena carport yang sekarang terlalu sempit.

Kebutuhan lain di lantai 1 adalah dapur , ruang makan , ruang keluarga , ruang tamu, 2 kamar mandi dan saya ingin ada taman, karena rumah yang sekarang terasa panas dan pengap. Saya ingin juga ada teras untuk tamu.

Tampilan rumah ingin di buat minimalis , namun tidak merubah banyak dari desain lama. Cahaya banyak masuk ke dalam rumah.

Demikian pertanyaan saya. Jika ada waktu silakan Pak Andan berkunjung ke tempat kami di Bekasi.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Tatie – Bekasi

Jawaban :

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Netters sekalian, terima kasih atas kunjungan nya ke dakwatuna.com , semoga silaturahim kita senantiasa di berkahi Allah. Kali ini kita akan membahas masalah klasik. Banjir yang sering mengancam bagi kita yang bermukim di kota besar.

Secara prinsip rumah Bu Tatie tidak terlalu bermasalah dari pola ruang nya. Hanya saja jika tidak di jelaskan dengan baik, maka pola renovasi nya akan berantakan. Untuk itulah peran arsitek menjadi penting. Membaca anatomi rumah hingga renovasi nya justru menjadi hemat. Walaupun ada fee arsitek, nilai nya tidak seberapa jika dibanding dengan hasil yang di dapat. Karena sering kali renovasi tanpa desain malah jadi membengkak jauh biaya nya. Jelas jauh lebih hemat dengan desain versi arsitek.

Rumah yang ada dapur nya saya sebut rumah sebelah kiri dan rumah yang ada carport nya saya sebut rumah sebelah kanan , berdasarkan muka bangunan , jadi penjelasan nya mudah , rumah kiri dan rumah kanan
Rumah sebelah kiri sebenar nya sudah bagus atap nya. Hingga ia bisa saya pertahankan. Sementara rumah sebelah kanan yang memiliki atap dengan talang di tengah ruang saya bongkar saja. Hingga lantai 2 saya letakkan di rumah sebelah kanan. Berikut pointers penjelasan desain saya :
Penjelasan desain rumah kiri :

  1. Rumah kiri saya hanya majukan saja tembok kamar ke depan dan memperbaiki pola pintu yang dekat dengan kamar mandi
  2. Dapur lama saya pertahankan
  3. Ruang tamu lama saya ubah jadi carport , hingga untuk urusan mobil tidak perlu biaya mahal , hanya menggeser dari rumah kanan ke rumah kiri
  4. Gudang atau kamar pembantu di rumah kiri yang posisi nya dekat dapur di jebol dinding nya, lalu di belakang di buat taman, hingga sirkulasi hawa lapang dan segar.

Penjelasan desain rumah kanan :

  1. Carport lama saya ubah jadi ruang tamu, dengan teras tamu di depan nya
  2. Ruang tv lama saya ubah jadi area tangga untuk ke lantai 2
  3. Selebihnya adalah bangunan lama, tembok lama di pakai lagi , namun atap lama di bongkar karena pola atap lama tidak baik.
  4. Lantai 2 terdiri dari kamar tidur + wc + ruang cuci jemur yang berdiri tepat di atas kamar tidur lama di bawah, jadi pola struktur nya hemat.
  5. Ruang duduk di lantai 2 tidak penuh , hingga ada void yang bisa melihat ke bawah, hingga cahaya dari balkon bisa masuk juga ke lantai 1
  6. Luas lantai 2 hanya 45 , 5 m2 , jadi masih di bawah 50 m2 . Hingga biaya bangunan baru nya hemat sekali.

Demikian bu Tatie dari penjelasan desain saya , untuk pagar saya buat minimalis saja, jika ibu ingin ubah pagar nya , maka pagar lama di buang di ganti dengan model pagar besi holllow dan di tengah saya gunakan gapura tembok sebagai eye catching . Dengan pola batu alam yang melingkupi gapura tersebut menjadikan  rumah ibu tegas dan jelas tampak muka rumah nya
Di balik gapura itu saya pasang atap transparan hingga cahaya masih tetap masuk ke dalam rumah. Tembok sudut pada rumah kiri dan kanan juga saya pasang kaca mati untuk akses cahaya. Hingga rumah yang tadinya gelap bisa terang benderang dan hemat listrik.

Karena renovasi ini bisa bertahap, maka kita bisa mulai mengurug rumah sebelah kiri dulu. Secara bertahap bisa urug mulai dari 50 cm hingga 70 cm di atas jalan. Urugan bisa di mulai dari carport, lalu menyambung ke ruang tengah hingga terakhir di dapur. Selanjutnya hal sama bisa kita lakukan pada rumah sebelah kanan.

Demikian desain kita kali ini. Semoga bisa menjadi solusi hemat. Semoga bermanfaat bagi netters semua. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuh

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke

e-mail : andanarsitek@gmail.com
Telp : (021) 84974828
Hp : 081284431079
Kunjungi juga kami di :
Web : griyainsani.com
Youtube : griya insani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

TATIE - BEKASI DENAH AWAL REVISITATIE - BEKASI DENAH DS 2 LT 1TATIE - BEKASI DENAH DS 2 LT 2TATIE - BEKASI DS 2 eks view 9TATIE - BEKASI DS 2 eks view 10TATIE - BEKASI DS 2 potongan interior view 10TATIE - BEKASI DS 2 potongan interior view 16TATIE - BEKASI DS 2 eks view 16TATIE - BEKASI DS 2 eks view 17

Sumber: http://www.dakwatuna.com/2016/06/02/80784/bagaimana-cara-hemat-renovasi-rumah-antisipasi-banjir/#ixzz4tOctJ6c6

Share Your Thought