Apakah anda ingin memasang Keramik sendiri ?

Apa anda ingin mengaplikasikan keahlian anda pada rumah?

hal ini cukup menantang. Namun jika anda memang termotivasi untuk mencobanya, tidak ada salahnya untuk melihat tips berikut agar anda tidak kecewa pada akhirnya.Jika zaman dahulu, keramik hanya untuk menutupi lantai dari tanah, namun untuk saat ini keramik bukan hanya untuk pelapis lantai, namun juga di gunakan untuk menutupi dinding sebagai sebuah inovasi, dan untuk menutupi kesan kaku pada rumah anda.

Memasang keramik sepertinya mudah, tapi dalam pengerjaannya tidak semudah kelihatannya. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan rapih kita harus tahu tips, cara, dan teknik pemasangan keramik yang benar. Berikut kami akan berbagi sedikit tips, cara, dan teknik pasang keramik:

  1. Rendam keramik di dalam air. Hal ini akan membuat keramik menjadi lebih elastis dan lebih mudah menempel pada saat pemasangan.cara-teknik-pasang-keramik
  2. Perhatikan kualitas keramik. Keramik kualitas rendah akan susah memasang secara presisi. Untuk itu, nat keramik harus dipasang longgar karena masing-masing keramik memiliki selisih 0.2–0.5 mm sehingga tidak saling bertubrukan.
  3. Oleskan air semen. Bilaskan semen yang sudah dicampur air sedikit ke bawah keramik. Hal ini akan membuat daya rekat keramik ke adukan benar-benar lengket.
  4. Bersihkan dari kerikil. Adukan dan dasar lantai yang akan dipasang harus bersih dari kerikil, batu, atau ganjalan lain yang akan membuat rongga di bawah keramik.
  5. Padatkan secara rata. Ketuk keramik yang baru dipasang dan pastikan tidak ada yang kopong atau bagian dasar berongga karena itu akan membuat keramik lepas di kemudian hari. Periksa ketinggiannya apakah sudah sama rata dengan benang yang ditarik untuk menentukan ketinggian lantai. cara-teknik pasang keramik
  6. Nat keramik dipasang belakangan. Jangan pasang semen oker atau nat pada sisi keramik saat itu juga. Biarkan selama dua atau tiga hari. Hal ini akan membuat sisa udara yang mengendap akan keluar melalui nat yang belum ditutup. Setelah itu baru diberi semen nat dan jangan lupa membersihkan nat yang masih kosong dari kotoran yang mengendap.
  7. Jangan diinjak-injak. Amankan areal keramik yang baru dipasang dari lalu lalang orang selama 2–3 hari. Keramik akan ambles karena adukan di bawahnya masih belum kuat untuk dibebani.
  8. Periksa kembali. Dalam sebuah areal pemasangan 3×3 m biasanya terdapat 3–5 keramik yang kopong atau masih tersisa udara di bawah keramik. Untuk itu segera bongkar dan ulangi pemasangannya.

Itu tadi sedikit tips, cara, maupun teknik memasang keramik yang baik dan benar, agar anda mendapatkan keindahan serta kerapihan dari pemasangan keramik di rumah anda. Bagi anda yang memang telah lebih dahulu mengetahui mengenai hal-hal di atas, tidak ada salahnya untuk berbagai. Dan untuk lebih jelasnya silahkan untuk mengunjungi toko-toko keramik Centro, dan bisa menanyakan langsung dengan petugas di toko tersebut, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada tips selanjutnya.

Sumber : ilmutukangbangunan.blogspot.co.id

 

Kirimkan email pertanyaan / order desain dan pelaksanaan ke :

e-mail : andanarsitek@gmail.com
Telp : (021) 84974828
Hp/WA : 087821963015
Kunjungi juga kami di :
Web : griyainsani.com
Youtube : griya insani

FB : Griya Insani
IG : @griyainsani
Twitter : @griyainsani_com

Share Your Thought